Macam Macam Tes Seleksi STAFF Penerbangan Yang Wajib Anda Ketahui

Tes Seleksi STAFF Penerbangan

Tes Seleksi STAFF Penerbangan

Apakah Anda Ingin Menjadi STAFF Penerbnagan? Kalu Iya, Anda Wajib mengetahui tentang macam-macam Tes Seleksi STAFF Penerbangan agar lolos dan diterima di Perusahaan Penerbangan yang Anda harapkan.

Rangkaian tes menjadi seorang STAFF penerbangan sangat banyak dan tentu saja melelahkan. Meski demikian Anda jangan pernah patah semangat karena ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan setelah menjadi STAFF penerbangan yang bertugas di bandara.

Mulai dari gaji, fasilitas dan tunjangan yang besar hingga pengalaman melakukan berbagai perjalanan ke beberapa wilayah bahkan bisa ke berbagai negara.

Macam Macam Tes Seleksi STAFF Penerbangan

Mau tahu? Apa saja rangkaian tes seleksi yang akan Anda hadapi jika ingin menjadi STAFF Penerbangan? Berikut adalah Macam Macam Tes Seleksi STAFF Penerbangan Yang Wajib Anda Ketahui.

1. Tes Performance

Tes Performance STAFF Penerbangan

Tes Performance STAFF Penerbangan

Bagi Anda yang ingin menjadi Staff Penerbangan, tes performence  menjadi hal pertama yang dilakukan. Tes ini akan mengukur tinggi dan berat badan Anda apakah sudah ideal atau belum. Tinggi badan minimal wanita 158cm, sedangkan 165cm untuk laki-laki.

Selain pengukuran tinggi badan, Anda juga akan dinilai tentang kerapian Anda mulai dari ujung kaki hingga ujung kepala. Anda juga akan dilihat bagaimana cara berjalan, cara duduk, dan cara berpakaian.

2. Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris

Pada tahapan ini Anda akan diuji tentang kemampuan psikotes dan bahasa Inggrisnya. Pelajari mengenai soal-soal Tes Potensi Akademik (TPA) mulai dari silogisme, sinonim, tes angka, tes gambar dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk tes bahasa Inggris, sebaiknya Anda mulai mempelajari soal-soal seperti mengerjakan TOEFL, perkenalan diri menggunakan bahasa inggris dan sebaiknya Anda mulai ambil kursus/private bahasa inggris sari sekarang.

Karena dengan Anda mempunyai kemampuan bahasa inggris, akan bisa menjadi nilai plus bagi perusahaan. Karena bisa kita lihat bahasa inggris sekarang menjadi sangat penting apalagi jika Anda yang ingin bekerja di bandara internasional.

Namun, Faktanya masih sangat jarang sekali orang di Indonesia yang menguasai bahasa inggris, Maka jika Anda memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik, Itu bisa membuat Anda berbeda dengan dengan pesaing yang lain. Dan bisa dipastikan Perusahaan lebih tertarik memilih Anda karena mempunyai kelebihan untuk berbahasa inggris.

3. Tes Wawancara

Tes Wawancara STAFF Penerbangan

Tes Wawancara STAFF Penerbangan

Tes seleksi dalam bentuk inteview ini akan mengetahui bagaimana karakter Anda dan  seberapa jauh pengetahuan Anda mengenai maskapai penerbangan yang Anda lamar.

Selain itu, Tes wawancara ini juga menjadi momen tepat bagi Anda untuk menyampaikan kemampuan Anda secara langsund dihapat user atau pimpinan diperusahaan yang Anda lamar.

4. Tes Kesehatan

Untuk membuktikan bahwa Anda  memiliki kesehatan fisik yang baik dan dapat bertahan terhadap tekanan dalam pekerjaan, maskapai penerbangan memerlukan pemeriksaan medis meliputi:

1. Tes Penglihatan
Seorang pelamar harus memiliki penglihatanyang normal dan tidak buta warna. Jika Anda minus, hal itu diperbolehkan dengan menggunakan softlens, namun jika minus yang Anda miliki adalah tidak lebih dari 2.

2. Tes darah
Pramugari  mengalami lebih banyak cedera dan penyakit terkait pekerjaannya.. Sebagian besar pekerjaan pramugari membutuhkan kaki yang kuat untuk berdiri. Selain itu, seorang pramugari membutuhkan kekuatan dan daya tahan untuk dapat menyimpan barang berat serta mendorong dan menarik gerobak yang berat. Tidur di ruang tertutup dengan pola yang mengganggu juga bisa berdampak buruk pada tubuh.

Tes darah pra-kerja digunakan sebagai bagian dari pemeriksaan medis untuk menentukan apakah seorang pelamar cocok untuk pekerjaan itu. Pelamar yang memenuhi syarat akan menunjukkan jumlah darah yang sehat untuk mencerminkan tidak ada anemia, infeksi atau HIV.

3. Tes Obat dan Alkohol
Sebagai tindakan keamanan, calon pramugari dan awak pesawat, diuji apakah menggunakan obat-obatan dan alkohol. Seorang STAFF penerbangan internasional sulit untuk tidur di penerbangan dalam kurun waktu yang panjang di mana pola tidur pasti terganggu.

Meskipun minum alkohol dapat membantu mengurangi pola tidur yang mengganggu, tes narkoba dan alkohol secara acak pada hari berikutnya dapat mengungkapkan bahwa petugas tersebut berada di bawah pengaruh alkohol.

Menurut undang-undang, STAFF penerbangan harus dapat melakukan fungsi pekerjaan mereka tanpa gangguan dan, oleh karena itu, harus menunjukkan hasil tes narkoba dan alkohol yang bersih.

4. Tes Telinga
Naik dan turun dalam penerbangan dapat menciptakan ketidakseimbangan tekanan pada telinga bagian dalam dan membuat seseorang pusing. Sebagai bagian dari pemeriksaan medis pra-pekerjaan, dokter memeriksa tabung eustachius telinga dalam Anda.

Dokter akan memeriksa apakah ada tonjolan keluar sedikit atau tarikan ke dalam dari gendang telinga. Pemeriksaan medis ini untuk memastikan bahwa telinga Anda sehat dan memiliki kemampuan untuk menyamakan tekanan untuk menghindari pusing. Pemeriksa medis juga akan memeriksa apakah sinus tidak dapat mengatasi perubahan tekanan.

Jadi, Seperti itulah rangkaian Tes Seleksi STAFF Penerbangan yang perlu Anda pelajari dan perlu di Persiapkan dengan baik dan jangan sampai gagal, ya!

1 Respon

  1. Hi, this is a comment.
    To get started with moderating, editing, and deleting comments, please visit the Comments screen in the dashboard.
    Commenter avatars come from Gravatar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *