Syarat Menjadi STAFF Penerbangan Internasional | Jasa Penerbangan

Syarat Menjadi STAFF Penerbangan Internasional

Syarat Menjadi STAFF Penerbangan Internasional

Berprofesi sebagai STAFF Penerbangan (Bandara) adalah suatu kebanggaan tersendiri dikala muda. Jika berbicara tentang STAFF Penerbangan kira-kira yang terbesit di hati apa? Apakah Pilot dan Pramugari?

Perlu diketahui jika Pilot dan Pramugari memang termasuk bagian dari Keberlangsungan Kegiatan yang ada di Maskapai Penerbangan, Namun hal tersebut berbeda. Anda bisa mengenal STAFF Penerbangan dengan sebutan Ground STAFF atau Ground Handling.

Selain itu, Untuk menjadi STAFF Penerbangan atau Ground Handling ada beberapa Syarat yang harus Anda penuhi baik untuk menjadi STAFF Penerbangan Domestik ataupun Menjadi STAFF Penerbangan Internasional.

Ground Handling (Ground STAFF) atau di Dalam Bahasa Indonesia Disebut Dengan STAFF Penerbangan, Memang Tidak Terlalu Terkenal seperti halnya Pilot dan Pramugari, namun adanya STAFF Penerbangan ini memiliki peran yang sangat penting.

Dengan adanya STAFF Penerbangan, Suatu Proses Penerbang Bisa Berjalan Dengan Lancar. Karena, Sebelum dan Setelah Preses Penerbangan, Personel STAFF Penerbangan adalah STAFF yang menghandel Penumpang.

Jika terjadi masalah pada penumpang yang ada di bandara sebelum Take Off atau Landed Ground Handling, STAFF Penerbangan wajib untuk mengatasinya.

Beberapa Bagian Dari STAFF Penerbangan

Sebelum Kita membhasa Tentang Syarat Menjadi STAFF Penerbangan Internasional. Sebaiknya Kita mengetahui beberapa bagian dari STAFF Penerbangan (Ground Handling).

Jika Anda sudah mengetahuinya, bisa jadi Anda akan tertarik dengan salah satu bagian dari STAFF Penerbangan yang sesuai dengan minat Anda.

  1. Loading Master
    Loading Master adalah Petugas yang bertanggung jawab atas semua proses Loading serta Unloading pada pesawat. Diharapkan semua kegiatan tersebut berlangsung aman dan efisien serta memastikan proses pemuatan sesuai dengan Loading Instruction sehingga persyaratan Weight & Balance Procedures terpenuhi.
  2. Que Pasasi Bandara
    Pasasi Bandara Merupakan Staff Ground Handling Yang memberikan Pelayanan Bandara kepada Penumpang, dimulai dari penumpang pesawat udara Melakukan Proses Check-in sampai penumpang tersebut sampa naik ke pesawat udara, nah Pasasi Bandara ini juga sering disebutkan dengan Staff Pelayanan Besapat udara di Darat.
  3. Ticketing
    Terdapat dua kemungkinan dalam wilayah kerjanya. Anda bisa saja ditempatkan di bandaranya atau dikantor pusat. Bisa juga anda akan ditempatkan di cabang milik maskapai Penerbangan tersebut. Jadi, anda jangan heran jika anda di tempatkannya bukan di bandara.
  4. Check-in Counter
    Di sini anda bertugas untuk melakukan proses pelabelan bagasi dan pelaporan tiket. Setelahnya nanti akan di proses menjadi boarding pass yan didalamnya terdapat nama penumpang, nomor Penerbangan. Selain itu tertera juga ruang boarding, nomor tempat duduk di pesawat, tujuan Penerbangan dan jadwal Penerbangannya. Jadi, anda tidak perlu bingung untuk mencari tempat duduk. Seperti halnya anda beli tiket bus patas yang sudah tertra nomor sesuai pemesanannya.
  5. Boarding Gate
    Sebelum anda bersiap unuk berangkat anda akan bertemu dengan petugas di bandara, nah petugas tersebut dinamakan boarding STAFF. Pada setiap ruang boarding digunakan untuk 1 atau 2 Penerbangan. Agar tidak terjadi salah tujuan dan hal yang tidak di inginkan perlu adanya pengecekan ulang. Di bandara juga banyak jadwal yang sama dengan jam yang sama tapi tujuan yang berbeda. Terkadang membuat penumpang bingung. Untuk mengatasi itu boarding STAFF yang akan membantunya.
  6. Transfer Desk
    Departemen berikutnya bernama transfer desk. Petugas dari departemen ini bertanggung jawab untuk menangani penumpang ataupun barangnya yang akan melakukan transit atau perjalanan lanjutan.
  7. Services
    Departemen berikutnya yang ditangani oleh pasasi adalah services. Petugas yang bertanggung jawab disini harus memberikan pelayanan ekstra terhadap penumpang-penumpang khusus. Penumpang yang dikategorikan khusus ini adalah penumpang yang menggunakan kursi roda atau anak-anak yang terbang tanpa mendapatkan pendampingan.
  8. Lost and Found
    Petugas ground handling ini bertempat di terminal kedatangan. Tugasnya menerima laporan dari penumpang yang mengalami kehilangan bagasi atau bagasi tertukar. Petugas lost and found ini akan standby sebelum exit gate dan akan mengecek apakah bagtag yang terdapat di barang bawaan sama dengan bagtag yang dimiliki penumpang. Bagtag ini diberikan oleh petugas check-in ketika memasukkan bagasi.
  9. Customer Relation Officer
    Terakhir adalah petugas pasasi yang menangani masalah penumpang berkaitan dengan penerbangannya. Petugas ini jugalah yang bertugas menangani penumpang dengan status CIP, VIP hingga VVIP.

Syarat Menjadi STAFF Penerbangan

Syarat Menjadi STAFF Penerbangan Internasional, Ada Beberapa Syarat yang di perlukan Supaya Anda bisa menjadi STAFF Penerbangan sesuai dengan Maskapai Penerbangan yang Anda tuju.

Walaupun Maskapai Penerbangannya berbeda-beda, tapi ada syarat WAJIB yang harus Anda penuhi. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah Syarat Menjadi STAFF Penerbangan Internasional.

  • Minimal lulusan SMA sederajat
  • Sehat Jasmani & Rohani, karena bertanggung jawab pada banyak penumpang. Jika yang bertanggung jawab kurang sehat tentunya akan terhambat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.
  • Dapat Berkomunikasi Dengan Bahasa Inggris. Sebenarnya STAFF Penerbangan Nasional ataupun internasional wajib untuk bisa berkomunikasi dengan bahasa inggris. Kenapa? Karena memang bahasa inggris adalah bahasa internasional.
  • Tidak Buta Warna Dan Ataupun Tidak Memiliki Riwayat Penyakit Menular dan Penyakit Berbahaya Seperti Penyakit Hepatitis.
  • Memiliki Tampilan yang Menarik.
  • Tinggi Badan dan juga Berat Badan Proposional. Untuk menunjang tampilan yang menarik Anda butuh tinggi bandan minimal putri 157cm sedangkan pria minimal 165cm dan memiliki berat badan yang ideal.

Demikian tadi Syarat Menjadi STAFF Penerbangan Internasional ataupun nasional. Keduanya memiliki inti yang sama yaitu mengsukseskan Penerbangan sebelum dan setelah keberangkatan.

Dengan adanya kepuasan penumpang menjadi salah satu nilai plus maskapai Penerbangan tersebut.

Selain syarat wajib yang sudah di tentukan Anda juga harus lulus dari Sekolah Penerbangan agar di akui bahwa Anda berkompeten dan layak untuk diterima.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *