Apakah Pramugari Harus Pintar? Inilah Syarat Menjadi Pramugari Atau Pramugara

Apakah Pramugari Harus Pintar

Apakah Pramugari Harus Pintar

Apakah Pramugari Harus Pintar? Adalah Pertanyaan yang gampang-gampang sulit. Pasalnya, Setiap Perusahaan memang selalu menginginkan Para Pekerjanya Pintar dan juga kreatif dalam segala hal.

Namun, Masih Ada beberapa Profesi atau Pekerjaan yang tidak Mensyaratkan hal itu, Karena Perusahaan memang tidak mencari Kandidat yang Pintar. Lalu, Bagaimana dengan Profesi Pramugari?

Pramugari atau Cabin Crew adalah Karyawan di Perusahaan Penerbangan yang mempunyai Tugas untuk menjaga Keselamatan dan Melayani Kenyamanan Penumpang selama dalam Penerbangan.

Sebagai Ujung Tombak dari Sebuah Perusahaan (Maskapai) Penerbangan, Seorang Pramugari dituntut Harus Bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap penumpang.

Selain itu, Pramugari juga bisa dikatakan sebagai Tangan Kanan Seorang Pilot yang akan menyampaikan informasi dan hal hal Penting lainnya demi keselamatan Penerbangan tentunya.

Olah sebab itulah, Ada banyak hal yang harus Anda pelajari jika ingin Menjadi Seorang Pramugari atau Pramugara Profesional.

Yang Perlu Anda Perhatikan Juga Adalah, Definisi Pintar yang dimaksud pada Pramugari ialah bukan dalam satu bidang saja. Namun, ada beberapa Point penting lainnya seperti:

Mampu Bekomunikasi Dengan Baik

Apakah Pramugari Harus Pintar? Versi yang pertama adalah Anda diharuskan untuk mempunyai keahlian atau mampu berkomunikasi dengan baik.

Mampu Berkomunikasi Dengan Baik biasanya selalu tercantum dalam Persyaratan Lowongan Kerja Calon Pramugari:

  1. Pria atau wanita
  2. Warga Negara Indonesia (WNI)
  3. Pendidikan minimal SMA/SMK Sederajat
  4. Usia 18 – 24 tahun
  5. Tinggi Badan 160-172cm untuk Wanita
  6. Berat Badan Ideal dan Postur Tubuh Proporsional
  7. Sehat Jasmani & Rohani
  8. Tidak Buta Warna & Hepatitis
  9. Terlihat Menarik, Energik, dan Ramah
  10. Mampu Berkomunikasi Dengan Baik, Lebih Diutamakan Memiliki Kemampuan Bahasa Asing.
  11. Belum Menikah (Single)

Umumnya Setiap Maskapai Penerbangan juga lebih menyukai Kandidat Pramugari yang Mampu Berbahasa Inggris Dengan Baik (Lisan Maupun Tulisan) atau lebih diutamakan Memiliki Kemampuan Bahasa Asing Lainnya.

Karena, Bagaimana Anda bisa menjadi Pramugari Pintar, Jika Anda tidak bisa menyampaiakan kepada penumpang informasi yang ada.

Sudah Kita ketahui bersama bahwa pengguna Jasa Penerbangan bukan hanya dari Masyarakat lokal saja, Melainkan Masyarakat dari seluruh Dunia juga menggunakan transportasi udara, Untuk itulah bahasa asing sangatlah dibutuhkan.

Selain menyampaikan Informasi kepada Penumpang, Seorang Pramugari biasanya juga akan menerima beberapa keluhan dari Para Penumpangnya. Dan disinilah Kemampuan Berkomunikasi sangat penting.

Dalam Keadaan Darurat, Seorang Pramugari juga dituntut untuk bisa membawa suasana agar bisa lebih tenang.

Pramugari dituntut harus mampu berkomunikasi dengan Bahasa Inggris (Asing) dengan baik sebelum menjadi Pramugari. Adalah sebagai penunjang untuk memahami Dunia Penerbangan yang sesungguhnya.

Maka, Jika Anda memiliki Nilai yang Tinggi di Sekolah, Janganlah Anda merasa Pintar dan Pantas Untuk Menjadi Seorang Pramugari. Karena, Akan ada banyak Proses dan Tahapan lain yang harus Anda Pelajari lagi.

Harus Paham Tentang Metode Keselamatan

Pramugari (Wanita) dan Pramugara (Pria) memiliki Tugas Utama untuk masalah Keselamat Penumpangnya. Setiap Pramugari juga harus selalu Siap Siaga Dalam Keadaan Darurat.

Dalam Keadaan Darurat, Setiap Pramugari Tidak hanya Bertanggung jawab dengan Dirinya sendiri, Tapi Juga Wajib memperhatikan keselamatan Para Penumpangnya. Ada banyak Penumpang yang harus Anda Perhatikan agar mereka juga bisa selamat.

Selain harus Selalu Siap Siaga Dalam Keadaan Darurat, Tugas Rutin Pramugari adalah memberikan Pelayanan kepada Penumpang Seperti menyediakan makanan dan minuman di pesawat, dan memenuhi kebutuhan individual para penumpangnya.

Untuk itulah, Setiap Pramugari Harus Pintar dan Paham dengan Tugas Tugasnya, Serta mampu Memahami Tentang Motode Keselamatan Penerbangan.

Semua Kemampuan Tersebut bisa Anda dapatkan dengan Mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Khusus di Sekolah Pramugari.

Pramugari Harus Belajar Renang

Pelatihan Pramugari Lion Air

Pelatihan Pramugari Lion Air

Sebagai Seorang Pramugari, Anda juga Dituntut Pintar Berenang hingga kedalaman 25-30 meter, supaya mampu mengatasi kasus pesawat berhenti darurat, terutama di area kedalaman laut.

Oleh karena itulah, Sebelum Melaksanakan Tugas Tugasnya, Setiap Pramugari akan Mengikuti Training atau Pelatihan Khusus Terlabih dahulu.

Pintar Menghadapi Customer Complain

Siapa bilang Costumer Service menjadi pekerjaan yang remeh. Sebelum bergabung di Dunia Penerbangan, mantan Costumer Service mempunyai poin plus menjadi Pramugari.

Hal ini untuk mengatasi kenyamanan para penumpang yang seringkali komplain dan si Pramugari/a tidak boleh langsung emosi dan harus bekerja secara profesional.

Kesimpulan Apakah Pramugari Harus Pintar?

Syarat Menjadi Pramugari Apakah Harus Pintar? Jawabannya Tentu Saja Harus! Selain Kepintaran Seorang Pramugari juga harus bersikap Cerdas, Ramah, Cepat dan Tepat serta Bisa diandalkan ketika terjadi situasi darurat.

Oleh karena Itulah Seorang Pramugari harus mengenyam Pendidikan dan Pelatihan Khusus Terlebih dahulu di Sekolah Pramugari.

Jangan pernah merasa malas untuk memperbaiki kualitas diri. Jangan hanya fokus pada Apakah Pramugari Harus Pintar saja, karena masih banyak poin lain yang harus diperhatikan.

Sekian & Terimakasih..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *